Jumat, 10 April 2020

3 Alat ukur Hidroponik yang harus anda tau

 3 Alat ukur Hidroponik yang harus anda tau


Hallo selamat datang di blog tunas.info,dimana anda disini disuguhkan berbagai informasi mengenai cara bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik,nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar lebih jauh tentang fungsi lat alat yang digunakan para petani hidroponik mau tau??yuk cek..


dalam pertumbuhannya tanaman hidroponik sangat membutuhkan adanya unsur hara,ini dapat ditemukan dalam tanah,namun karena kita bertanam menggunakan sistem hidroponik dengan media air tentnunya air yang menjadi media pertumbuhan harus mempunyai unsur hara yang dibutuhkan tanaman,ini didapat dari nutrisi hidroponik yang kita gunakan,namun tahukah anda bagaimana kita bisa mengetahui kandungan nutrisi dalam air tersebut sesuai atau masih kurang bagi tanaman??

oleh karena itulah beberapa alat hidroponik ini sangat berguna dan tidak boleh lepas dari tangan anda saat anda mulai berkebun hidroponik.

Fungsi alat-alat Hidroponik
1.TDS (Total disolved solid) Meter hidroponik
TDS (Total disolved solid) Meter hidroponik

TDS meter ini berfungsi untuk mengetahui jumlah padatan nutrisi yang terkandung dalam air,jadi berapa nutrisi yang dibutuhkan tanaman akan dengan mudah dapat diketahui,sebagai contoh pada masa pindah tanam air nutrisi mempunyai kepadatan 500ppm dan saat sudah memasuki waktu remaja dan panen nutrisi dinaikkan menjadi 1000 ppm.

2.PH meter
PH meter

ph meter digunakan untuk mengecek tingakt keasaman air yang digunakan sebagai media hidroponik,karena berbagai jenis tanaman dapat tumbuh di ph tertentu,maka dengan adamna alat ini kita bisa menyesuaikan dengan kondisi air yang ada.






3.Dissolved oxygen meter
Dissolved oxygen meter

alat ini digunakan para petani hisroponik untuk mengukur tingkat oksigen yang terlarut dalam air,kenapa alat Dissolved oxygen meter dibutuhkan??ini karena dengan mengetahui tingkat oksigen yang terlarut dalam air nutrisi dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman hidroponik.semakin tinggi kadar oksigen yang terlarut semakin baik tanaman tersebut tumbuh optimal.




Itulah 3 alat hidroponik yang biasa digunakan para petani,alat alat tersebut tidak dapat dipisahkan karena fungsinya yang saliing melengkapi,semoga artikel diatas menjadi referensi anda.

3 Alat ukur Hidroponik yang harus anda tau