Sabtu, 25 April 2020

5 Manfaat Utama Jahe Bagi Tubuh


5 Manfaat Utama Jahe Bagi Tubuh


   5 Manfaat Utama Jahe Bagi Tubuh – Jahe adalah tanaman herbal musiman,dengan ciri-ciri bertunas atau berbatang semu. Tanaman ini dapat dengan mudah di temukan di asia pasifik,tersebar dari India sampai Cina. Nama latin dari tanaman ini adalah Zingiber Officinale Rosc, tergolong di dalam Zingiberaceae. Agar tidak salah,saya memberikan gambar untuk tanaman jahe di bawah.


Di atas adalah contoh dari tanaman jahe, tapi jangan sampai salah ya. Berikut saya akan memberikan ciri-ciri tanaman jahe :

1. Batang bertunas dengan ketinggian 30 cm sampai 1 meter.

2. Rimpang jahe bila dipotong berwarna kuning atau jingga.

3. Daun runcing memanjang, dengan panjang 15-23 mm dan lebar 8-15 mm.

4. Tangkai daun berbulu dengan panjang 2-4 mm





5 Manfaat Utama Jahe Bagi Tubuh – Ada 3 jenis varietas utama jahe,yaitu :



    Jahe Kuning atau juga di kenal sebagai Jahe Putih

Memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

– Rimpangnya kecil dan gemuk
– Rasanya tidak terlalu pedas
– Banyak di temukan sebagai bahan dapur



2. Jahe Merah

Memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

– Warna rimpang berwarna merah
– Banyaknya rimpang
– Bentuk rimpang agak kecil dan berserat kasar
– Memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam dari jahe biasanya



3. Jahe Gajah

Memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

– Memiliki rimpang yang gemuk dan besar
– Ruas rimpangnya kembung
– Rimpang jahe biasanya berwarna kuning atau kuning muda
– Seratnya sedikit,cenderung sedikit dan halus
– Aroma dan rasanya tidak terlalu tajam.



5 Manfaat Utama Jahe Bagi Tubuh – Berikut adalah manfaat jahe bagi tubuh :



1. Melancarkan peredaran darah.
Jahe mengandung gingerol yang bersifat antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah. Berfungsi mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang merupakan penyebab penyakit stroke dan serangan jantung.





2. Mencegah perut buncit
Dengan mengonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan,dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme pencernaan. Dengan meningkatnya metabolisme tersebut dapat mempercepat pembakaran kalori sehingga dapat mencegah perut buncit.





3. Menangkal radiasi bebas
Jahe mengandung antioksidan, yang mampu untuk mengatasi efek buruk dari radiasi bebas.





4. Menurunkan kolestrol
Kolestrol tinggi atau Hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung. Dengan mengonsumsi jahe secara rutin dapat mengurangi penyerapan kolestrol dalam darah dan juga hati





5. Melawan kanker prostat
Penelitian yang telah dilakukan oleh British Journal of Nutrition (BJN) yang berpusat di Amerika. Membuktikan bahwa ekstrak jahe memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker prostat yang tidak sehat, tetapi tidak membunuh sel yang sehat. Riset ini telah berhasil membuktikan keberhasilan hingga 56% dari seluruh koresponden seluruh dunia. Ekstrak jahe dapat menurunkan indeks proliferasi dan apoptosis luas.





 5 Manfaat Utama Jahe Bagi Tubuh – Karena itu,saya sarankan agar mengonsumsi jahe secara rutin atau setidaknya seminggu 3 kali untuk kehidupan yang sehat.